Sosialisasi PKL Prodi Bahasa Prancis: Mengisi Libur Semester sambil Magang

Pimpinan STBA, dosen dan mahasiswa semester VI Prodi Bahasa Prancis.

Prancisstba.ac.id, Bandung – Prodi Bahasa Prancis STBA Yapari-ABA Bandung telah menyelenggarakan kegiatan sosialisasi Praktik Kerja Lapangan (PKL) bagi mahasiswa semester VI Prodi Bahasa Prancis secara daring pada hari Senin, 13 Juli 2020 menggunakan aplikasi teleconference Zoom Meeting. Kegiatan tersebut juga dihadiri oleh beberapa pimpinan STBA Yapari-ABA Bandung dan segenap dosen Prodi Bahasa Prancis.

Praktik Kerja Lapangan merupakan kegiatan akademis yang wajib dilakukan oleh setiap mahasiswa untuk mendapatkan pengalaman di dunia kerja. Selain sebagai syarat kelulusan, PKL adalah waktu yang tepat untuk mengasah soft skill dan menerapkan ilmu yang diperoleh selama perkuliahan.

Ibu Lina Syawalina, Kaprodi Bahasa Prancis menyampaikan ada beberapa ketentuan yang perlu diperhatikan oleh mahasiswa sebelum melamar ke mitra PKL. Dalam hal ini, bidang yang dapat diambil harus mengandung esensi kebahasaan, kebudayaan dan atau kepariwisataan. Salah satunya termasuk dalam kategori profesi sebagai berikut:

  • Mediator komunikasi, termasuk di dalamnya translator, interpreter, copywriter, penyiar dan sebagainya;
  • Staf di suatu departemen dalam suatu perusahaan atau institusi pemerintah;
  • Peneliti muda bidang bahasa, budaya dan pariwisata, misalnya menjadi anggota dalam bidang penelitian tertentu;
  • Instruktur bahasa, termasuk di dalamnya pengajar bahasa (namun bukan sebagai guru pengampu mata pelajaran), koordinator suatu pelatihan bahasa;
  • Pemandu wisata; dan
  • Praktisi pada industri jasa, termasuk staf pelayanan hotel/restoran, staf museum, staf sanggar budaya, dan sebagainya.

Jumlah mahasiswa magang dalam satu departemen/divisi/biro/bagian yang sama dalam suatu perusahaan/institusi dibatasi, maksimal hanya 2 orang saja. Beliau juga menambahkan bahwa pada prinsipnya selama masa PKL mahasiswa tidak menerima gaji. STBA sendiri menetapkan lama dan waktu magang mahasiswa seperti, durasi PKL kurang lebih satu bulan (20 hari kerja) dan dapat dilaksanakan selama bulan Juli hingga Agustus.

Sosialisasi PKL berlangsung lancar dan kondusif. Mahasiswa menyambut kegiatan PKL ini sebagai langkah awal memasuki semester VII di bulan September mendatang. Sebagai penutup, Ibu Lina berpesan agar mahasiswa tetap semangat menjalani PKL di tengah situasi pandemi COVID-19 dan tetap menjaga citra Prodi Bahasa Prancis. Bon courage !