Prodi Bahasa Prancis Berpartisipasi dalam Seminar Daring Hasil Penelitian Dosen STBA

Poster Seminar Daring Hasil Penelitian Dosen STBA Yapari-ABA Bandung 2020

Prancisstba.ac.id, Bandung – Senin, 24 Agustus 2020, Prodi Bahasa Prancis turut berpartisipasi dalam seminar daring STBA Yapari-ABA Bandung yang bertajuk “Seminar Daring Hasil Penelitian Dosen STBA Yapari-ABA Bandung”. Melalui media teleconference Zoom Meeting, seminar daring yang dihadiri sekitar 100 peserta ini langsung dibuka oleh Ibu Iim Rogayah Danasaputra selaku ketua STBA Yapari-ABA Bandung.

Profil para penyaji seminar daring hasil penelitian dosen STBA Yapari-ABA Bandung 2020

Seminar yang dimoderatori oleh Ibu Dr. Yuliani Kusuma Putri ini berlangsung selama dua jam dengan menghadirkan penyaji dari masing-masing Prodi. Ibu Dra. Lina Syawalina M.Pd. selaku penyaji dari jurusan bahasa Prancis memaparkan hasil penelitian berjudul “Proses Morfologis Jenama Kosmetik Korea Selatan Berbahasa Prancis”

Adapun para penyaji dari Prodi lainnya seperti Bapak Zakie Asidiky, S.Pd., M.Hum. perwakilan Prodi Bahasa Inggris, Bapak Dian Rizky Azhari, S.Pd., M.Hum. perwakilan Prodi Bahasa Jerman dan Ibu Intan Dwi Dahidi Putri, M.Pd sebagai wakil dari Prodi Bahasa Jepang.

Melalui seminar ini, Ibu Lina memaparkan beberapa hal penting terkait proses pembentukan kata dan kelas kata dalam bahasa Prancis. “Kelas kata dalam bahasa Prancis terbagi menjadi 7 bagian: Déterminant, Nom, Adjectif, Préposition, Verbe, Conjonction, dan Pronom. Masing-masing memiliki peran serta fungsinya untuk membentuk kesatuan kata yang sesuai dengan aturan gramatikal bahasa Prancis.” tutur dosen dengan minat penelitian linguistik tersebut.

Penelitian yang membahas produk kecantikan ini menarik banyak perhatian peserta seminar daring dari berbagai kalangan. Tentunya hal ini menjadi pengalaman baru mempelajari bahasa Prancis dengan mudah bagi khalayak umum.

Di akhir pemaparannya, beliau menyampaikan hasil penelitian yang diperoleh bahwa, terdapat satu produk bernama “Mise en scène” yang memenuhi kaidah morfologis bahasa Prancis. Sementara 18 produk kosmetik Korea Selatan lainnya seperti “Mamonde”, “Chöuchöu”, “Bonvivant” tidak sesuai dengan kaidah morfologis bahasa Prancis.

Para peserta seminar daring hasil penelitian dosen STBA Yapari-ABA Bandung 2020

 

Di akhir acara, Ibu IIm mengapresiasi setiap penyaji yang telah memaparkan hasil penelitiannya. Tidak lupa beliau juga berterima kasih kepada para peserta yang turut hadir dalam seminar daring ini. Seminar yang biasa dilaksanakan offline di kampus STBA Yapari-ABA Bandung, kini diselenggarakan secara daring guna mematuhi protokol kesehatan selama masa pandemi COVID-19.