Perayaan Hari Nasional Prancis kala Pandemi Covid-19

Para tamu undangan dalam perayaan Hari Nasional Prancis

Prancisstba.ac.id, Bandung – Pada 14 Juli 2020 lalu, Ibu Lina Syawalina selaku Ketua Program Studi Jurusan Bahasa Prancis STBA Yapari-ABA Bandung telah menghadiri perayaan Hari Nasional Prancis secara daring. Acara ini dihadiri juga oleh Duta Besar Prancis untuk Indonesia, Monsieur Olivier Chambard; Monsieur Philippe Grangé, Atase Prancis untuk Kedutaan Besar Pranis di Indonesia dan Monsieur Yann Giraud, pengajar SMA Prancis di Jakarta.

Adapun tamu undangan lainnya seperti Prof. DR.Tri Indri Hardini, M.Pd. selaku Ketua Perhimpunan Pengajar Prancis Seluruh Indonesia (PPPSI-APFI) beserta para penasihat dan pengurus pusat maupun cabang PPPSI. Tidak ketinggalan Ketua Prodi Bahasa Prancis dari 13 perguruan tinggi negeri juga Direktur IFI Bandung, Yogyakarta, Surabaya, serta Alliance Française Medan dan Bali  turut hadir dalam acara ini.

Ilustrasi penyerangan penjara Bastille. (Sumber: Google Image)

Jika kembali ke masa lalu, 14 Juli merupakan momen bersejarah bagi Prancis karena pada tanggal inilah revolusi Prancis di tahun 1789 dimulai. Saat itu banyak peristiwa penting yang terjadi seperti, pemenggalan Raja Louis XVI dan sang Ratu, Marie Antoinette karena dianggap merugikan negara, serta penyerbuan penjara Bastille di Paris pada 14 Juli 1789. Itulah sebabnya 14 Juli juga dikenal sebagai Hari Bastille. Namun orang Prancis lebih sering menyebutnya La fête nationale française / Le 14 Juillet.

Melalui acara singkat tersebut Ibu Lina turut mengatakan bahwa Prancis dan Indonesia memiliki kesamaan dalam hal kebudayaan. Meskipun terdapat beragam suku dan etnis, baik penduduk di Prancis maupun Indonesia dapat bersatu dan tetap menjaga hal penting tersebut. Bravo La France !